8 Penghargaan dan Penghormatan Unik untuk Pesepakbola

Jakarta – Beberapa hari lalu Manuel Pellegrini diabadikan jadi nama bundaran di Malaga. Aneh? Tunggu sampai kamu tahu ada bintang Arsenal dijadikan nama hewan di kebun binatang London.

Selain yang resmi diberikan federasi atau asosiasi olahraga, penghargaan untuk pemain atau tokoh sepakbola bisa datang dari mana saja. Karena itulah bentuknya bisa sangat beraneka ragam dan tak jarang terkesan janggal.

Selain mendapat piala, piagam, atau trofi tertentu, bentuk penghargaan dan penghormatan tersebut pada umumnya berupa penggunaan nama si tokoh (atlet atau pelatih) ke nama sebuah lokasi atau benda. Bisa juga berupa pembuatan patung.


Berikut daftar penghormatan-penghormatan paling aneh untuk tokoh sepakbola dunia, seperti dikutip dari Sports Illustrated:

1. Bundaran Manuel Pellegrini

Sudah berselang cukup lama Manuel Pellegrini membawa sukses besar untuk Malaga. Di tahun 2012 pria asal Chile itu mengantar Malaga melangkah hingga babak perempatfinal Liga Champions.

Lima tahun setelah kepergiannya dari Malaga, jasa Pellegrini masih diingat. Dia kini malah akan abadi di kota tersebut setelah namanya diabadikan jadi nama sebuah bundaran.

2. Trenggiling Gilberto Silva

Gilberto Silva jadi salah satu tulang punggung Arsenal saat menjuarai Liga Inggris tanpa terkalahkan di tahun 2004. Dia dianggap menjadi salah satu pemain tengah terbaik The Gunners.

Membela Gudang Peluru selama enam tahun, gelandang asal Brasil itu dapat bentuk penghormatan yang tak biasa. Oleh Kebun Binatang Kota London, nama Gilberto Silva digunakan untuk menamai seekor trenggiling.

“Saudara tua saya dengan rambut sedikit lebih banyak,” canda Gilberto saat itu.

3. Jackie Milburn si Lokomotif

Selain Alan Shearer, pemain terbesar lain untuk Newcastle United adalah Jackie Milburn. Dia adalah pemegang rekor gol terbanyak The Magpies sebelum Shearer mematahkannya.

Atas prestasinya itu Milburn punya beberapa patung di Kota Newcastle. Tapi yang paling menarik adalah saat namanya dipakai untuk menamai sebuah lokomotif mesin uap. Sempat rusak, lokomotif tersebut kini sudah bisa digunakan kembali.

4. Puma Messi-Suarez-Neymar

Sampai tiga tahun lalu, trio Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar merupakan trisula lini depan paling mematikan. Mereka kini sudah terpisah, setelah Neymar memilih hengkang ke Paris Saint Germain.

Namun di Rusia mereka bertiga masih bersatu, meski dalam wujud puma. Sebuah kebun binatang di Russia menamakan tiga anak puma yang baru lahir dengan ketiga bintang tersebut.

5. Jose Mourinho Avenue

Apapun yang terjadi di Manchester United saat ini, Jose Mourinho tetap merupakan salah satu pelatih terbaik yang dipunya Portugal. Atas prestasinya di banyak klub berbeda, dia diabadikan jadi nama jalan.

Jose Mourinho Avenue hanya berjarak beberapa meter saja dari tepian laut. Kondisi tersebut membuat Jose Mourinho Avenue jadi tempat yang pas untuk bersantai, terlebih terdapat juga sebuah pelabuhan tempat perahu kecil bersandar.

6. Asteroid Johan Cruyff

Johan Cruyff akan dikenang sebagai pesepakbola terbesar yang pernah dipunya Belanda. Dia berkilau bukan hanya sebagai pemain, tapi juga dengan filosofi sepakbolanya ketika sudah beralih menjadi pelatih.

Beberapa tahun lalu nama Cruyff diabadikan menjadi nama sebuah asteroid. Asteroid itu ditemukan pada 1960 dan sebelumnya diberi nama 14282.

Cruyff bukan pesepakbola pertama yang dijadikan nama asteroid. Dia menyusul Josef Bican dan Ferenc Puskas yang sudah lebih dulu diabadikan sebagai nama asteroid.

7. Pantai Alessandro del Piero

Kalau Anda berkunjung ke Jesolo, Venesia, jangan lupa mampi ke pantai Alessandro del Piero. Baik sebagai pemain sepakbola dan kini ‘menjadi’ pantai, Del Piero berhasil memikat banyak orang untuk menyaksikan keindahannya.

8 Penghargaan dan Penghormatan Unik untuk PesepakbolaFoto: Octavio Passos/Getty Images

8. Patung Cristiano Ronaldo

Tak ada yang salah jika pesepakbola atau pelatih dibuatkan patung sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan. Tapi pada kasus Cristiano Ronaldo mungkin bisa jadi pengecualian.

Sebuah patung yang dibuat di Madeira justru jadi olok-olok dan dikritik karena sangat jauh menggambarkan wajah dan sosok ronaldo. Patung tersebut kini sudah diganti dalam wujud dan rupa yang lebih baik.
(din/mrp)