Andai Saja Messi Memilih Jadi Warga Negara Spanyol…

Jakarta – Lionel Messi terus dikritik oleh publik Argentina dan bahkan secara keras oleh Diego Maradona. Semuanya tak akan terjadi andai dia menerima tawaran jadi orang Spanyol.

Messi punya pelung memperkuat timnas dan juga menjadi warga negara Spanyol saat dia baru berusia 16 tahun. Messi bisa menjadi warga Spanyol karena kakek buyutnya berasal dari Balaguer, Spanyol.

Direktur Sepakbola Barcelona, Carles Rexach, meminta Federasi Sepakbola Spanyol untuk ‘mengamankan’ Messi sebagai masa depan sepakbola Spanyol. Itu terjadi tak lama setelah Messi didatangkan oleh Barca.

Namun Argentina juga tidak tinggal diam. Asosiasi sepakbola Argentina di 2004 menggelar dua laga ujicoba untuk Tim U-20 demi menjaga Messi tetap menjadi milik mereka. Setelah dua pertandingan persahabatan dengan Uruguay dan Paraguay itu, Messi terus membela Albiceleste di level U-23 dan kemudian tim senior.

“Saya harap dia mengambil kewarganegaraan Spanyol dan dengan begitu dia kini sudah menjadi juara dunia,” ucap Fernando Signorini.

Fernando Signorini adalah mantan pelatih kebugaran Timnas Argentina saat masih dilatih Maradona. Pernyataannya itu merupakan bentuk pembelaan pada Messi menyusul kritik keras yang dilontarkan Maradona beberapa hari lalu.

“Tapi orang-orang bilang dia menjual negaranya saat tak mau bermain untuk timnas (Argentina). Messi sudah melepaskan semua keistimewaan yang dia punya. Dia tak harus kembali ke Argentina, juga tak harus kembali ke Newell’s Old Boys.”

“Sayang sekali untuk semua orang yang mengagumi dia. Messi tak bisa terus bermain karena kejamnya kritik yang datang. Mereka mengritik dengan mengatakan Messi tidak menyanyikan lagu kebangsaan dan Messi tak bisa merasakan memakai seragam Timnas Argentina,” lanjut Signorini dikutip dari Marca.

Di kesempatan lain, Cecs Fabregas menyebut Messi akan jadi sesuatu yang luar biasa jika bergabung dengan Timnas Spanyol. Namun dia tetap mendukung keputusan rekannya itu memperkuat Tim Tango.

“Itu akan fenomenal jika Messi bermain untuk Spanyol. Dia akan memenangi banyak gelar. Tapi dia selalu merasa menjadi orang Argentina, dan saya pikir itu keputusan yang tepat untuknya membela Argentina.

Dalam sebuah wawancara jelang Piala Dunia 2018 lalu, Messi ditanya tentang peluang dirinya memperkuat La Furia Roja. Meski bisa memenangi banyak titel internasional di Spanyol, hatinya tak akan berganti dari Argentina.

“Saya bermain untuk Spanyol? Seorang teman bilang kalau saya sudah menjadi juara dunia jika saya main untuk Spanyol, tapi itu tak akan sama (rasanya). Menjadi juara bersama Argentina adalah sesuatu yang unik.”

“Ada yang bercanda mengatakan hal itu, ada juga yang serius. Tapi tak pernah terlintas dalam kepala saya (menjadi orang Spanyol),” kata Messi pada Pasión por el Futbol.
(din/din)