Menilik Faktor Penyebab YouTube Down, dari Maintenance hingga Serangan DDoS

JAKARTA – YouTube pada hari ini mengalami kendala dan tidak bisa diakses secara global hampir 2 jam. Tidak hanya di Indonesia saja melainkan di wilayah timur laut Amerika Serikat (AS) dan sebagian wilayah pantai Barat dan Timur juga mengalami server down. Bahkan ini untuk pertama kalinya YouTube tidak bisa diakses lebih dari 30 menit.

Menurut keterangan Pakar Keamanan Siber, Pratama Persadha, aplikasi lain seperti YouTube TV dan YouTube Music juga ikut tidak dapat diakses oleh semua pengguna. Pihak YouTube sendiri tidak memberikan informasi apapun perihal down-nya layanan mereka.

BERITA TERKAIT +

Ada beberapa kemungkinan penyebab YouTube mengalami down. Pertama adanya maintenance internal sehingga membutuhkan waktu untuk di-take down atau dimatikan dari jaringan.

 

Kedua, kemungkinan adanya tindak peretasan juga selalu terbuka. Terkait dugaan adanya peretasan ini belum bisa dikonfirmasi. Selain dari pihak YouTube masih enggan membuka sebab, di sisi lain tidak ada satupun pihak yang mengaku melakukan aksi peretasan.

Baca juga: Resmi, Indosat Ooredoo Umumkan Chris Kanter sebagai Direktur Utama

Ketiga, adanya akses yang berlebih dari pengguna, ini juga bisa terjadi karena serangan Distributed Denial of Service (DDoS) yang menyerang system server. Untuk penyebab ini sepertinya memiliki pengaruh yang kecil, karena Google sebagai pemilik YouTube mempunyai lebih dari 100.000 server di seluruh dunia.

 

Baca juga: Nokia X7 Akhirnya Dirilis Bawa Opsi RAM 6GB

Kendati demikian, bukan hanya Layanan YouTube saja yang mengalami down. Di tahun ini, platform Facebook, Instagram dan WhatsApp beberapa kali mengalami down dan tidak dapat diakses oleh pengguna. Penyebab menurunnya server atau penyebab down tidak disampaikan ke publik.

(ahl)