Aktivitas Ribuan UKM NTB Kembali Berdenyut

Gubernur NTB Zulkieflimansyah (kiri) dan Manager Stakeholder and Regional Relations Sampoerna Arief Triastika (kedua kanan) saat meresmikan pembukaan SRC Fest Lombok. (FOTO: dok SRC)

Jakarta: PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) bersama komunitas retail binaannya, Sampoerna Retail Community (SRC), mengajak ribuan usaha kecil menengah (UKM) Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelorakan SRC Fest Lombok. Acara yang digelar di atrium Lombok City Center pada Sabtu, 20 Oktober 2018 ini membuat aktivitas para pelaku UKM di NTB mulai berdenyut kembali pascagempa.

“Lombok harus bangkit dengan menggiatkan kembali denyut perekonomian dan mengajak para pelaku UKM yang usahanya sempat terhenti untuk kembali beraktivitas,” kata Manager Stakeholder and Regional Relations Sampoerna Arief Triastika dalam keterangan resminya, di Jakarta, Sabtu, 20 Oktober 2018.

SRC Fest Lombok berupa pameran yang mempertemukan lebih dari 1.000 peserta dari pelaku UKM ritel tradisional, mitra perbankan, dan pihak swasta. Konsep tersebut diharapkan membuat membangun jejaring bisnis seperti produsen, distributor, pemasok, hingga konsumen.

Dalam acara tersebut, sambungnya, Sampoerna memberikan bantuan perbaikan infrastruktur bagi 145 toko ritel tradisional yang mengalami kerusakan saat gempa terjadi. “Kami berharap dukungan ini dapat mengembalikan optimisme pelaku UKM terdampak untuk memulai lagi usahanya,” beber Arief.

SRC Fest Lombok juga mengadakan seminar motivasi untuk menghidupkan kembali semangat kewirausahaan masyarakat Lombok. “Sampoerna berharap perhelatan SRC Fest Lombok dapat memberikan inspirasi, motivasi, juga penyemangat bagi semua pelaku usaha di Lombok untuk kembali bangkit dan pulih,” imbuh dia.

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengapresiasi gelaran SRC Fest Lombok. Menurutnya, SRC Fest Lombok mengakselerasi proses pemulihan perekonomian lokal melalui rangkaian kegiatan yang dilakukan di Lombok.

“Festival ini digagas oleh perusahaan yang memiliki narasi panjang tentang bagaimana menyikapi bencana dengan lebih optimistis, dan SRC menjawab dengan dorongan energi untuk bangkit bersama,” tutup Zulkieflimansyah.

(AHL)