Menkominfo Bangga Ada 4 Unicorn Startup di Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. Medcom/Dian Ihsan Siregar.

Jakarta: Sebanyak empat pemilik perusahaan unicorn Indonesia masuk ‎daftar orang terkaya di Indonesia, dari total 150 orang yang terdaftar. Keempat perusahaan itu, Traveloka, Bukalapak, Tokopedia, dan Go-Jek.

Masuknya empat pemilik perusahaan unicorn itu sangat diapresiasi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. Hal itu juga menandakan bahwa ekonomi Indonesia sudah ke arah digital, yang sangat mutlak berkaitan sekali dengan teknologi.

“Jadi itu sudah patokan ekonomi kita itu ke arah digital, dari 150 ada empat pemilik yang masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Itu sudah bangga. Kita bangga,” kata Rudiantara, ditemui ‎dalam acara ‘MilenialFest – 90 Tahun Sumpa Pemuda’ di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Minggu, 28 Oktober 2018.

Rudiantara optimistis perusahaan unicorn dengan aset yang besar akan semakin bertambah di tahun depan. Setidaknya ada satu atau dua perusahaan lagi yang bisa menjadi unicorn pada tahun depan.

“2019 itu ada satu lagi, jadi ada lima unicorn. Karena, sudah ada empat yang kita miliki saat ini. Nambah satu lagi lah target kita, yakin juga bisa nambah dua unicorn lagi,” terang Rudiantara.

Sebelumnya ada empat pemilik perusahaan unicorn yang masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Mereka adalah pemilik Traveloka Ferry Unardi, pemilik Tokopedia William Tanuwijaya, pemilik Bukalapak Achmad Zaky, dan Founder Go-Jek Nadiem Makarim.

Ferry Unardi memiliki kekayaan sebesar USD145 juta, Wiliam Tanuwijaya memiliki kekayaan sebesar USD130 juta, Achmad Zaky mempunyai kekayaan sebesar USD105 juta, dan Nadiem Makarim memiliki kekayaan sebesar USD100 juta.

(SAW)