Survei BI: Penjualan Eceran September 2018 Tumbuh Positif

Bank Indonesia (BI). MI/Usman Iskandar.

Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyatakan kinerja penjualan eceran pada September 2018 tetap optimistis. Terlihat dari survei Bank Sentral, Indeks Penjualan Riil di September 2018 tumbuh 4,8 persen secara tahun ke tahun atau year on year (yoy).

Dalam siaran tertulis yang dinukil dari laman resmi BI, Selasa, 6 November 2018, positifnya kinerja penjualan eceran didukung oleh sub kelompok komoditas sandang dan kelompok komoditas bahan bakar kendaraan bermotor.

“Penjualan eceran September 2018 tidak setinggi pertumbuhan IPR Agustus 2018 yang sebesar 6,1 persen yoy,” tulis rilis tersebut.

Meski demikian, BI memperkirakan penjualan eceran pada Oktober 2018 tumbuh positif. IPR Oktober 2018 diramal tumbuh 3,9 persen yoy.

Sub kelompok komoditas sandang dan kelompok komoditas bahan bakar kendaraan bermotor masih menjadi motor pengerek pertumbuhan penjualan eceran Oktober 2018.

Ditambahkan, hasil survei juga mengindikasikan harga di tingkat pedagang eceran bakal mengalami peningkatan dalam tiga bulan mendatang.

“Hal itu tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) tiga bulan yang akan datang sebesar 159,3 atau lebih tinggi dibandingkan hasil survei bulan sebelumnya,” tutup rilis tersebut.

(SAW)