Ledakan Besar Guncang Kabul, Sejumlah Orang Tewas

Lokasi ledakan di dekat sebuah sekolah di Kabul, Afghanistan, 12 November 2018. (Foto: AFP)

Kabul: Ledakan besar mengguncang Kabul, Afghanistan, Senin 12 November 2018, di lokasi unjuk rasa sekelompok warga yang memprotes aksi kekerasan kelompok militan Taliban terhadap etnis minoritas Hazara. Sejumlah orang dikhawatirkan tewas dalam ledakan ini.

Seperti disitat dari kantor berita AFP, Kementerian Dalam Negeri Afghanistan menyebut ledakan melanda di area depan sebuah sekolah menengah atas di jantung ibu kota. Sebuah foto yang tersebar di media sosial Afghanistan memperlihatkan sejumlah jasad di lokasi kejadian.

“Itu merupakan ledakan yang sangat besar di dekat sekolah Istiqlal. Sangat dekat dengan tempat aksi demonstran,” ucap Qais Nawabi, seorang saksi mata, kepada AFP.

Seorang polisi di lokasi kejadian mengaku melihat 10 hingga 15 jasad korban serta beberapa potongan tubuh. “Belum dapat dipastikan apakah ini serangan bunuh diri atau sebuah bom (yang sudah dipasang sebelumnya),” tutur dia.

Ratusan pengunjuk rasa, termasuk sejumlah mahahasiswa, turun ke jalanan Kabul untuk mendorong pemerintah mengirim pasukan ke distrik yang didominasi etnis Hazara di provinsi Ghazni. Mereka mendesak pemerintah Afghanistan melindungi minoritas dari serangan Taliban.

Sebelumnya, Taliban pernah mengeluarkan serangkaian ancaman terhadap warga untuk memboikot pemilihan umum di Afghanistan. Perserikata Bangsa-Bangsa menyebut korban tewas sepanjang pemilu Afghanistan di tahun ini mencapai 56 orang.

Baca: Pasukan Afghanistan dan AS Hadapi Taliban di Kota Ghazni

(WIL)