Dilaporkan Hilang di Jepang, WNI Berhasil Ditemukan

Ilustrasi oleh Medcom.id.

Jakarta: Seorang warga negara Indonesia (WNI) yang sebelumnya dilaporkan hilang di Jepang sudah ditemukan. Kementerian Luar Negeri telah menyampaikannya kepada keluarga.

“Kemenlu sudah menyampaikan kepada keluarga bahwa Radhwa hari ini sudah ditemukan dan dalam keadaan baik,” kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kemenlu RI Lalu Muhammad Iqbal, lewat pesan singkat, Selasa 27 November 2018.

Iqbal menuturkan pemberitahuan kepada keluarga disampaikan tadi saat melapor ke Kemenlu. “Saat ini yang bersangkutan sedang diproses untuk pemulangan,” imbuhnya.

Sebelumnya Radhwa Athaya Yulianzalika dikabarkan hilang kontak sejak akhir Oktober lalu. Juru Bicara Kemenlu Arrmanatha Nasir menuturkan pihak Konsulat Jenderal RI di Osaka telah melakukan pencarian.

Pencarian dilakukan dengan bantuan dari kepolisian dan imigrasi Osaka. Lewat imigrasi, pihak KJRI ingin mengetahui apakah ada WNI dengan nama tersebut keluar dan masuk Osaka. Sementara lewat kepolisian, pihak KJRI mengecek status korban.

Arrmanatha menambahkan pihak keluarga lewat seorang teman melaporkan kehilangan Radhwa langsung kepada kepolisian Osaka. Sementara KJRI mengetahui kehilangan perempuan tersebut karena viral di Facebook dan Twitter.

(FJR)